BIDANG PENGAIRAN JUGA BUTUH DITELITI

Sampingan

Penelitian

Istilah penelitian berasal dari bahasa Inggris yaitu research, re berarti kembali, sedangkan to search berarti mencari. Penelitian merupakan suatu kegiatan yang bersifat ilmiah yang dilaksanakan dengan menggunakan prosedur atau metode tertentu secara sistematis dengan menggunakan fakta yang diperoleh secara obyektif dalam rangka memecahkan masalah atau mendapatkan penemuan.

Kegitan penelitian timbul karena adanya sifat manusia yang selalu ingin tahu. Rasa ingin tahu tersebut membawa permasalahan. Untuk mendapatkan jawaban dari permasalahan tersebut dibutuhkan kegiatan penelitian.

Kegiatan penelitian memiliki beberapa tahapan :

  1. Mendapatkan dan merumuskan masalah
  2. Mengaji teori untuk merumuskan hipotesis atau menetapkan kriteria variable dalam pengembangan / perancangan / pendiskripsian
  3. Mengumpulkan fakta empirik
  4. Menganalisis temuan fakta atau produk dengan kriteria teoritik untuk pengambilan kesimpulan
  5. Menyimpulkan hasil dan mempublikasi hasil penelitian

 

Penelitian dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu berdasarkan disiplin ilmu yang dikaji, kegunaan dan tujuannya, dan metode yang digunakan. Berikut jenis penelitian:

  1. Berdasarkan disiplin ilmu yang dikaji:
    1. Natural science research, yakni kegiatan penelitian dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam.
    2. Social science research, yakni kegiatan penelitian dalam bidang Ilmu Pengetahuan Sosial.
    3. Humanities research, yakni kegiatan penelitian dalam bidang Ilmu Humaniora.
  2. Berdasarkan kegunaan dan tujuannya:
    1. Basic research atau pure research, yakni kegiatan penelitian yang dilaksanakan dalam rangka menemukan, menguji, dan mengembangkan suatu teori dalam rangka pengembangan dalam bidang keilmuan.
    2. Applied research, yakni kegiatan penelitian yang dilaksanakan untuk memenuhi tuntutan dalam kehidupan praktis. Applied research terdiri dari tiga jenis, yakni exploratif research, verivikatif research, dan development research.
  3. Berdasarkan metode yang digunakan:
    1. Deductive research atau sering disebut juga dengan istilah logic research, kegiatan penelitian yang menggunakan metode deduksi.
    2. Inductive research atau technical research, yakni kegiatan penelitian yang menggunakan metode induktif.

Untuk apa Penelitian?

Secara umum penelitian bertujuan untuk mencari, menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan. Penelitian juga sering dilaksanakan untuk mencari pemecahan terhadap permasalahan yang berkembang. Secara lebih rinci tujuan penelitian dapat dibedakan atas 3 macam, yaitu:

  1. Tujuan eksploratif, yakni suatu kegiatan penelitian yang dilaksanakan untuk menemukan dan mendapatkan pengetahuan baru yang belum pernah ada sebelumnya.
  2. Tujuan verivikatif, yakni suatu kegiatan penelitian yang bertujuan untuk menguji kebenaran yang dihasilkan oleh kegiatan penelitian yang dilaksanakan sebelumnya.
  3. Tujuan pengembangan (development), yakni suatu kegiatan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan, memperluas, dan menggali lebih dalam suatu konsep atau suatu teori yang sedang berkembang.

Banyak tujuan dari sebuah penelitian, namun tujuan utama dari kegiatan penelitian adalah untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan umat manusia.

Danau keruh apa sebabnya?

Penelitian bisa dilakukan dalam berbagai bidang, misalnya bidang Pendidikan, bidang Iptek, bidang Pengairan dll. Penelitian dilakukan sesuai dengan apa yang ingin  manusia ketahui. Dalam bidang pengairan masih banyak masalah-masalah yang perlu diselesaikan dengan penelitian.

Sebuah masalah tentang kekeruhan perairan danau yang disebabkan oleh meningkatnya sejumlah partikel  yang masuk ke dalam badan air danau. Partikel tersebut ada yang terlarut dan tidak terlarut dalam air, baik berupa bahan organic maupun anorganik. Bahan-bahan yang tidak terlarut yang melayang di dalam kolom air dikenal dengan TSS (Total Suspended Solid-Total Padatan Tersuspensi), bahan inilah yang menyebabkan air menjadi keruh, sehingga mengurangi tingkat kecerahan air. Bila bahan sedimen dasar mengandung sejumlah bahan organic maka bahan-bahan yang terangkat, baik berupa padatan maupun gas, mengandung senyawa toksik (beracun) seperti NH3 (amonia) dan H2S (asam belerang) sebagai hasil dekomposisi (penguraian) bahan-bahan organic di dalam air. Kondisi tersebut dapat menyebabkan biota perairan danau mati bila berlangsung dalam waktu yang lama.

Dalam penelitian ini hipotesis yang diperoleh, yaitu air inlet danau mengandung sejumlah bahan padatan tersuspensi dan terlarut. Bahan ini berupa sejumlah partikel tanah berasal dari hasil sedimentasi daerah tangkapan air yang merupakan lanjutan dari proses erosi. Kondisi kawasan daerah tangkapan air yang relatif terbuka (tanpa vegetasi) semakin mendorong peningkatan tanah yang tererosi.

Kemungkinan kedua, penyebab terjadinya peningkatan kekeruhan di perairan DLT tersebut diawali oleh pengurangan vegetasi penutup di daerah tangkapan air yang selanjutnya mendorong terjadinya peningkatan erosi tanah pada musim penghujan, sehingga sedimentasi semakin meningkat, dan pada akhirnya menyebabkan pengurangan kualitas air danau yang salah satunya berupa peningkatan kekeruhan. Maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan kekeruhan perairan DLT merupakan indikasi telah terjadi kerusakan daerah tangkapan air, berupa semakin berkurangnya luasan hutan yang merupakan pelindung tanah dari erosi yang di sebabkan oleh air hujan.

Rangkuman

Penelitian merupakan suatu kegiatan yang bersifat ilmiah yang dilaksanakan  dengan menggunakan prosedur atau metode tertentu secara sistematis dengan menggunakan fakta yang diperoleh secara obyektif dalam rangka memecahkan masalah atau mendapatkan penemuan. Penelitian dilakukan karena kebutuhan manusia yang ingin menyelesaikan suatu masalah dengan metode yang telah ditentukan.

Penelitian dilakukan untuk mencapai suatu tujuan. Tujuan suatu penelitian yaitu untuk mendapatkan pengetahuan baru, untuk menguji suatu kebenaran dan untuk melakukan suatu pengembangan. Dengan penelitian, akan diketahui mana yang benar dan salah dari suatu permasalahan.

Penelitian dapat dilakukan dalam berbagai bidang, termasuk dalam bidang pengairan. Permasalahan dalam pengairan yang dapat diteliti salah satunya yaitu keruhnya air danau. Dari situ diteliti apa penyebabnya, kemudian lakukan metode yang telah ditetapkan dan kemudian akan didapatkan kesimpulan bahwa masalah tersebut disebabkan karena rusaknya daerah tangkapan air di hulu.

Rujukan Bacaan

http://lintasgayo.co/2014/01/10/air-dlt-keruh-indikasi-kerusakan-daerah-tangkapan-air

http://ridwanaz.com/umum/bahasa/pengertian-penelitian-definisi-penelitian-adalah/

http://sosiologiada.blogspot.co.id/2015/12/pengertian-tujuan-dan-jenis-penelitian.html

 

Data diri penulis

Yashinta Dea Ilmania lahir di Malang, 03 September 1997. Anak kedua dari 2 bersaudara ini merupakan alumni SMA Negeri 2 Lumajang. Saat ini sedang menempuh pendidikan sarjana di Universitas Brawijaya Fakultas Teknik Jurusan Teknik Pengairan.

 

KEMAJUAN IPTEK PENGARUHI SEGALANYA

Sampingan

IPTEK

            IPTEK adalah ilmu pengetahuan dan teknologi dimana ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki arti tersendiri. Ilmu dipandang sebagai produk, proses dan paradigma etika. Ilmu diperoleh melalui kegiatan ilmiah sedangkan pengetahuan didapatkan dengan proses pemahaman diluar metode ilmiah. Jika ilmu pengetahuan rumus dan teori, teknologi merupakan praktek terapan dari rumus dan teori ilmu pengetahuan.

Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Semakin hari, ilmu pengetahuan semakin berkembang dengan seiring berkembangnya pola pikir manusia untuk terus bereksperimen dan menciptakan inovasi – inovasi baru untuk membantu aktivitas manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik manusia, sekarang sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin. Sistem kerja robotis telah menggantikan tenaga manusia dengan percepatan yang menakjubkan.

Bagi masyarakat sekarang, IPTEK sudah seperti suatu kebutuhan primer. Pengembangan IPTEK dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sementara orang bahkan memuja IPTEK sebagai pemecah masalah yang akan  membebaskan manusia dari kungkungan ujian dunia. Pengaruh IPTEK terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidak dapat dipungkiri. Banyak kemudahan dan manfaat yang akan dirasakan karena adanya perkembangan IPTEK.

  • Memberikan berbagai kemudahan

Perkembangan IPTEK mampu membantu manusia dalam beraktifitas. Terutama yang berhubungan dengan kegiatan perindustrian dan telekomunikasi. Dapat dilihat, membajak sawah  dulunya dengan menggunakan alat tradisional, kini sudah menggunakan peralatan mesin, sehingga aktifitas penanaman dapat lebih cepat di laksanakan tanpa memakan waktu yang lama dan tidak pula terlalu membutuhkan tenaga yang banyak.

  • Mempermudah meluasnya berbagai informasi

Informasi merupakan hal yang sangat penting bagi kita, dimana tanpa informasi kita akan serba ketinggalan. Terlebih lagi ketika berbagai media cetak dan elektronik berkembang pesat. Pada masa dahulu, kegiatan pengiriman berita sangat lambat, karena kegiatan tersebut masih di lakukan secara tradisional baik itu secara lisan maupun dengan menggunakan sepucuk surat. Namun, sekarang kegiatan semacam ini sudah hampir punah, dimana perkembangan IPTEK telah merubah segalanya, dan kita pun tidak perlu menunggu lama untuk mengirim atau menerima berita.

  • Bertambahnya pengetahuan dan wawasan

Komputer dahulu termasuk jenis peralatan yang sangat canggih, dimana hanya orang-orang tertentu yang mampu membelinya apalagi menggunakannya. Namun, seiring dengan perkembangan IPTEK, peralatan elektronik seperti komputer, internet, dan handphone (Hp) sudah menjadi benda yang menjamur. Dimana tidak hanya orang-orang tertentu yang mampu menggunakannya, bahkan anak-anak di bawah umurpun dapat menggunakannya.

Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa IPTEK mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. Berikut efek negatif yang ditimbulkan dari perkembangan IPTEK :

  • Mempengaruhi pola berpikir

Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang agresif dan penasaran serta suka dengan hal baru. Namun ternyata perkembangan tersebut tidak hanya berdampak terhadap pola berpikir anak, juga berdampak terhadap pola berpikir orang dewasa dan orang tua. Terlebih lagi setiap harinya masyarakat kita di sajikan dengan berbagai siaran yang kurang bermanfaat dari berbagi media elektronik.

  • Hilangnya budaya Tradisional

Dengan berdirinya berbagai gedung mewah seperti mal, perhotelan dll, mengakibatkan hilangnya budaya tradisional seperti kegiatan dalam perdagangan yang dulunya lebih di kenal sebagai pasar tradisional kini berubah menjadi pasar modern. Begitu juga terhadap pergaulan anak-anak dan remaja yang sekarang sudah mengarah kepada pergaulan bebas.

  • Menjadikan masyarakat yang individual

Dengan adanya telepon pintar yang semakin hari semakin canggih, menyebabkan manusia cenderung individual. Telepon pintar yang dilengkapi fitur-fitur komunikasi lebih menarik masyarakat ketimbang berinteraksi langsung. Lihatlah ketika seseorang lebih memilih berkomunikasi dengan orang lain melalui aplikasi komunikasi di handphonenya daripada dengan orang yang duduk disebelahnya. Jadi dampak negatif ini seperti mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat.

 

Kita tertinggal

Perkembangan IPTEK melanda seluruh masyarakat di penjuru dunia, termasuk Indonesia. Indonesia sebagai negara berkembang juga perlu mengembangkan IPTEK untuk kepentingan dalam berbagai aspek. Namun, Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia masih tertinggal jauh dan sangat memprihatinkan dibandingkan dengan  negara-negara Eropa dan Amerika Serikat bahkan pula di negara-negara Asia misalnya Jepang dan China. Hal ini disebabkan karena :

  • Masih terbatasnya orang indonesia yang mendapat pendidikan barat terutama pendidikan tinggi.
  • Kurangnya keinginan dari pemerintah maupun perusahaan swasta yang ada di Indonesia untuk melakukan ahli teknologi.
  • Tidak adanya inovasi teknologi yang berarti di dalam masyarakat Indonesia itu sendiri, ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia mulai berkembang dimana ditandai dangan adanya perguruan tinggi dan pusat-pusat penelitian seperti lembaga ilmu pengetahuan (LIPI) dan juga badan pengkajian dan penerapan teknologi (BPPT).

Dari hal-hal seperti ini seharusnya masyarakat Indonesia harus berbenah diri tentang bagaimana harus menciptakan kemajuan IPTEK di Indonesia. IPTEK tidak hanya berfungsi membantu pekerjaan manusia, namun IPTEK juga menjadi tolak ukur maju tidaknya suatu negara. Maka dari itu generasi penerus wajib membantu mengembangkan IPTEK untuk memajukan Indonesia.

 

Sikap terhadap IPTEK

Kemajuan IPTEK telah banyak membawa dampak positif dan negatif dalam kehidupan kita. Oleh sebab itu, kita perlu mengetahui cara yang tepat dalam menyikapi kemajuan IPTEK tersebut untuk menghindarkan pengaruh dari hal-hal yang negatif yang turut dibawa oleh kemajuan IPTEK itu sendiri.

Sikap yang sebaiknya kita tunjukkan/lakukan terhadap kemajuan IPTEK ialah mengetahui dan menyesuaikan kebutuhan kita dalam penggunaan inovasi IPTEK. Memanfaatkannya secara bijak dengan tidak menyalahi aturan hukum yang berlaku dan hukum agama kita, merubah cara pandang kita supaya peduli akan kemajuan IPTEK dan dampak yang ditimbulkannya. Dengan demikian dampak negatif dari kemajuan IPTEK akan dapat ditekan secara maksimal. Akan tetapi sangat sulit bagi para remaja ataupun anak-anak untuk bersikap seperti itu, maka untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang handal dalam memasuki eraglobalisasi diperlukan pendidikan yang tepat. Salah satu komponen pendidikan yang perlu dikembangkan adalah kurikulum yang berbasis pendidikan teknologi di jenjang pendidikan dasar.

Bahan kajian ini merupakan materi pembelajaran yang mengacu pada bidang-bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di mana peserta didik diberi kesempatan untuk membahas masalah teknologi dan kemasyarakatan, tata cara menggunakan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memahami teknologi dan lingkungan.

Untuk melengkapi kecerdasan IPTEK para pelajar, diperlukan pula penyelarasan pengajaran IPTEK dengan pengajaran IMTAQ sehingga terbentuklah manusia-manusia cerdas dan bermoral yang dapat menghasilkan berbagai teknologi yang bermanfaat bagi umat manusia.

 

Rangkuman

Kemajuan IPTEK adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan ini akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan pola pikir manusia.  Kemajuan IPTEK sangat membantu manusia untuk menemukan solusi dalam berbagai permasalahan, namun tidak jarang IPTEK juga memiliki dampak negatif yang meliputinya.

Kemajuan iptek juga melanda Indonesia, namun hal ini masih sedikit tertinggal dibandingkan dengan negara-negara tetangga. Dengan ini Indonesia harus meningkatkan sumber daya manusianya untuk bisa memajukan IPTEK. Pada saat ini di Indonesia, IPTEK juga masih alam tahap pengembangan.

Kemajuan IPTEK yang terus menghantui harus disikapi dengan bijak oleh penggunanya. Pasalnya, iptek juga memiliki banyak negatif jika kita salah menggunakanya. Maka dari itu, solusinya kita harus mengetahui hal negative apa yang akan terjadi jika kita salah dalam menggunakanya. Terutama untuk anak-anak, penggunaannya harus dalam pengawasan orang tua.

 

Rujukan Bacaan

https://cahyaintanp.wordpress.com/2013/04/11/iptek-serta-perkembangannya/

http://www.kompasiana.com/nenene/perkembangan-iptek-di-indonesia_54f79810a33311417b8b47a6

http://pgsdsan.blogspot.co.id/2014/12/perkembangan-iptek-dan-pengaruh-bagi.html

My Pretty Cat

Sampingan

12714441_1024792294251264_271483069_n

I have a cat in my house, the cat is female. It is a local cat. I like call him “Preti”. It is an adorable cat, my cat is cute.  It has black fur.

Preti’s body is not long enough. The length is only about 20 cm. Although she is short, but she is very cute and adorable. Moreover, she is very active when plays with me. She can spend a lot of time just to play. She also can spend many hours to sleep.

Everyday, I never forget to feed Rosa. She always close up me when she feels hungry. Preti’s favorite food is fish and bread. But sometimes I give a mix of rice and fish to Preti and she want to eat it. Sometimes, I also give she dry cat foods. When I feed her, she will wiggle her tail that shows she is very happy.

Preti doesn’t likes take a bath, she always clean her fur with play up to her fur. In cat’s saliva there are matter to clean many bacteries in cat’s body.

Soal Biologi SKL

Sampingan
  1. Organ sel yang berperan mengarahkan kromosom ke kutub pada saat pembelahan sel adalah ….

a. nukleolus                                                        d. sentriol

b. nukleus                                                           e. ribosom

c. badan golgi

2. Membran sel sangat penting karena alasan dibawh ini,  kecuali ….

a. bersifat diferensial permiabel

b. mengendalikan pertukaran zat antara sel

c. menjadi pembatas antara isi sel dengan lingkungan luarnya

d. menjadi pembatas antara sitoplasma dan nukleoplasma

e. sebagai reseptor

3. sel dikatakan satuan fungsi makhluk hidup karena ….

a. semua jenis sel mempunyai fungsi yang sama

b. melakukan apa yang dilakukan oleh suatu individu organism sebagai keseluruhan

c. semua sel mempunyai jumlah dan macam organel yang sama

d. semua mahluk hidup terdiri atas sel-sel

e. Sel adalah unit terkecil makhluk hidup

4. Kode genetik yang dibawa mRNA berdasarkan kode genetik dari ….
a. ATP
b. tRNA
c. ADP
d. rRNA
e. DNA

5. Rantai DNA sense mempunyai kode basa nitrogen sebagai berikut.

TGC – CGG – ACT – AAA – TCT

Maka urutan basa nitrogen pada RNAt adalah ….
a. UGC – CGG – ACU – AAA – UCU
b. ACG – GCC – TGA – TTT – AGA
c. ACG – GCC – UGA – UUU – AGA
d. TGC – CGG – ACT – AAA – TCT
e. UCG – GCC – TGU – TTT – UGU

6. Di antara pernyataan berikut, yang paling tepat untuk menyatakan hubungan antara gen, kromosom, dan molekul DNA adalah ….
a. gen-gen terletak dalam kromosom dan urutan basa nitrogen dalam molekul DNA menentukan macam gen
b. kromosom tersusun atas molekul-molekul DNA dan gen
c. kromosom merupakan benang panjang yang tersusun atas gen, dan di sepanjang kromosom menempel DNA
d. gen sebenarnya adalah DNA itu sendiri yang tersusun atas untaian nukleotida dan terletak di dalam kromosom
e. kromosom adalah benang yang di dalamnya terdapat molekul DNA yang mengikat gen-gen

7. Sebelum masuk ke siklus asam sitrat, Asam piruvat yang diproduksi pada glikolisis pertama kali akan dikonversi menjadi :

a. Koenzim A

b. Asetil Koenzim A

c. Oksiasi piruvat

d. Sitrat

e. Etanol

8. Salah satu hal yang terjadi pada proses kehidupan adalah penyusunan senyawa yang sederhana menjadi lebih kompleks. Proses penyusunan tersebut dinamakan …

a. Respirasi

b. Anabolisme

c. Katabolisme

d. Disimilasi

e. Dekomposisi

9. Enzim termasuk senyawa organic, tersusun atas protein, dan bertindak sebagai biokatalisator dalam metabolisme memiliki sifat ….

a. bekerja irreversible pada suatu reaksi kimia

b. kerja enzim tidak bersifat khusus

c. ikut bereaksi bersama substrat yang dipengaruhinya

d. makin tinggi konsentrasi enzim, makin lambat reaksi kimianya

e. tidak menentukan arah reaksi kimia

10. Bioteknologi saat ini mampu menggabungkan dua sel dari jaringan yang berbeda dari organisme  yang berbeda serta menyatukannya menjadi satu sel tunggal. Proses bioteknologi ini disebut ………

,a. cangkok gen

b. teknologi plasmid

C. teknologi hibridoma

D.teknologi DNA       

e. rekayasa genetika

11. Jenis makanan yang dihasilkan melalui proses fermentasi kacang kedelai oleh jamur Aspergillus wentii adalah

a. roti

b. tempe

c. kecap

d/ yoghurt

e. tahu

12. Bioteknologi modern memanfaatkan organisme,baik pada tingkat seluler atau molekul ,antara lain kultur jaringan ,transgenik, dan kloning . jika populasi tanaman semusim  dikembangkan terus menerus melalui kultur jaringan secara turun temurun, dampak yang terjadi adalah…

a. sel-sel selalu mengalami perubahan sampai mengalami fase tiidak produktif

b. reproduksi menurun karena gen-gen unggul tergeser

c. gen-gen dominan termutasi menjadi gen resesif

d. sel-sel semakin tidak adaptif terhadap lingkungan

e. kualitas tanaman menurun akibat usia sel–sel memasuki masa tua