KEMAJUAN IPTEK PENGARUHI SEGALANYA

Sampingan

IPTEK

            IPTEK adalah ilmu pengetahuan dan teknologi dimana ilmu pengetahuan dan teknologi memiliki arti tersendiri. Ilmu dipandang sebagai produk, proses dan paradigma etika. Ilmu diperoleh melalui kegiatan ilmiah sedangkan pengetahuan didapatkan dengan proses pemahaman diluar metode ilmiah. Jika ilmu pengetahuan rumus dan teori, teknologi merupakan praktek terapan dari rumus dan teori ilmu pengetahuan.

Kemajuan teknologi adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari dalam kehidupan, karena kemajuan teknologi akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan. Semakin hari, ilmu pengetahuan semakin berkembang dengan seiring berkembangnya pola pikir manusia untuk terus bereksperimen dan menciptakan inovasi – inovasi baru untuk membantu aktivitas manusia. Jenis-jenis pekerjaan yang sebelumnya menuntut kemampuan fisik manusia, sekarang sudah bisa digantikan oleh perangkat mesin. Sistem kerja robotis telah menggantikan tenaga manusia dengan percepatan yang menakjubkan.

Bagi masyarakat sekarang, IPTEK sudah seperti suatu kebutuhan primer. Pengembangan IPTEK dianggap sebagai solusi dari permasalahan yang ada. Sementara orang bahkan memuja IPTEK sebagai pemecah masalah yang akan  membebaskan manusia dari kungkungan ujian dunia. Pengaruh IPTEK terhadap peradaban dan kesejahteraan manusia tidak dapat dipungkiri. Banyak kemudahan dan manfaat yang akan dirasakan karena adanya perkembangan IPTEK.

  • Memberikan berbagai kemudahan

Perkembangan IPTEK mampu membantu manusia dalam beraktifitas. Terutama yang berhubungan dengan kegiatan perindustrian dan telekomunikasi. Dapat dilihat, membajak sawah  dulunya dengan menggunakan alat tradisional, kini sudah menggunakan peralatan mesin, sehingga aktifitas penanaman dapat lebih cepat di laksanakan tanpa memakan waktu yang lama dan tidak pula terlalu membutuhkan tenaga yang banyak.

  • Mempermudah meluasnya berbagai informasi

Informasi merupakan hal yang sangat penting bagi kita, dimana tanpa informasi kita akan serba ketinggalan. Terlebih lagi ketika berbagai media cetak dan elektronik berkembang pesat. Pada masa dahulu, kegiatan pengiriman berita sangat lambat, karena kegiatan tersebut masih di lakukan secara tradisional baik itu secara lisan maupun dengan menggunakan sepucuk surat. Namun, sekarang kegiatan semacam ini sudah hampir punah, dimana perkembangan IPTEK telah merubah segalanya, dan kita pun tidak perlu menunggu lama untuk mengirim atau menerima berita.

  • Bertambahnya pengetahuan dan wawasan

Komputer dahulu termasuk jenis peralatan yang sangat canggih, dimana hanya orang-orang tertentu yang mampu membelinya apalagi menggunakannya. Namun, seiring dengan perkembangan IPTEK, peralatan elektronik seperti komputer, internet, dan handphone (Hp) sudah menjadi benda yang menjamur. Dimana tidak hanya orang-orang tertentu yang mampu menggunakannya, bahkan anak-anak di bawah umurpun dapat menggunakannya.

Namun manusia tidak bisa pula menipu diri akan kenyataan bahwa IPTEK mendatangkan malapetaka dan kesengsaraan bagi manusia. Berikut efek negatif yang ditimbulkan dari perkembangan IPTEK :

  • Mempengaruhi pola berpikir

Masyarakat Indonesia adalah masyarakat yang agresif dan penasaran serta suka dengan hal baru. Namun ternyata perkembangan tersebut tidak hanya berdampak terhadap pola berpikir anak, juga berdampak terhadap pola berpikir orang dewasa dan orang tua. Terlebih lagi setiap harinya masyarakat kita di sajikan dengan berbagai siaran yang kurang bermanfaat dari berbagi media elektronik.

  • Hilangnya budaya Tradisional

Dengan berdirinya berbagai gedung mewah seperti mal, perhotelan dll, mengakibatkan hilangnya budaya tradisional seperti kegiatan dalam perdagangan yang dulunya lebih di kenal sebagai pasar tradisional kini berubah menjadi pasar modern. Begitu juga terhadap pergaulan anak-anak dan remaja yang sekarang sudah mengarah kepada pergaulan bebas.

  • Menjadikan masyarakat yang individual

Dengan adanya telepon pintar yang semakin hari semakin canggih, menyebabkan manusia cenderung individual. Telepon pintar yang dilengkapi fitur-fitur komunikasi lebih menarik masyarakat ketimbang berinteraksi langsung. Lihatlah ketika seseorang lebih memilih berkomunikasi dengan orang lain melalui aplikasi komunikasi di handphonenya daripada dengan orang yang duduk disebelahnya. Jadi dampak negatif ini seperti mendekatkan yang jauh dan menjauhkan yang dekat.

 

Kita tertinggal

Perkembangan IPTEK melanda seluruh masyarakat di penjuru dunia, termasuk Indonesia. Indonesia sebagai negara berkembang juga perlu mengembangkan IPTEK untuk kepentingan dalam berbagai aspek. Namun, Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia masih tertinggal jauh dan sangat memprihatinkan dibandingkan dengan  negara-negara Eropa dan Amerika Serikat bahkan pula di negara-negara Asia misalnya Jepang dan China. Hal ini disebabkan karena :

  • Masih terbatasnya orang indonesia yang mendapat pendidikan barat terutama pendidikan tinggi.
  • Kurangnya keinginan dari pemerintah maupun perusahaan swasta yang ada di Indonesia untuk melakukan ahli teknologi.
  • Tidak adanya inovasi teknologi yang berarti di dalam masyarakat Indonesia itu sendiri, ilmu pengetahuan dan teknologi di Indonesia mulai berkembang dimana ditandai dangan adanya perguruan tinggi dan pusat-pusat penelitian seperti lembaga ilmu pengetahuan (LIPI) dan juga badan pengkajian dan penerapan teknologi (BPPT).

Dari hal-hal seperti ini seharusnya masyarakat Indonesia harus berbenah diri tentang bagaimana harus menciptakan kemajuan IPTEK di Indonesia. IPTEK tidak hanya berfungsi membantu pekerjaan manusia, namun IPTEK juga menjadi tolak ukur maju tidaknya suatu negara. Maka dari itu generasi penerus wajib membantu mengembangkan IPTEK untuk memajukan Indonesia.

 

Sikap terhadap IPTEK

Kemajuan IPTEK telah banyak membawa dampak positif dan negatif dalam kehidupan kita. Oleh sebab itu, kita perlu mengetahui cara yang tepat dalam menyikapi kemajuan IPTEK tersebut untuk menghindarkan pengaruh dari hal-hal yang negatif yang turut dibawa oleh kemajuan IPTEK itu sendiri.

Sikap yang sebaiknya kita tunjukkan/lakukan terhadap kemajuan IPTEK ialah mengetahui dan menyesuaikan kebutuhan kita dalam penggunaan inovasi IPTEK. Memanfaatkannya secara bijak dengan tidak menyalahi aturan hukum yang berlaku dan hukum agama kita, merubah cara pandang kita supaya peduli akan kemajuan IPTEK dan dampak yang ditimbulkannya. Dengan demikian dampak negatif dari kemajuan IPTEK akan dapat ditekan secara maksimal. Akan tetapi sangat sulit bagi para remaja ataupun anak-anak untuk bersikap seperti itu, maka untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang handal dalam memasuki eraglobalisasi diperlukan pendidikan yang tepat. Salah satu komponen pendidikan yang perlu dikembangkan adalah kurikulum yang berbasis pendidikan teknologi di jenjang pendidikan dasar.

Bahan kajian ini merupakan materi pembelajaran yang mengacu pada bidang-bidang ilmu pengetahuan dan teknologi di mana peserta didik diberi kesempatan untuk membahas masalah teknologi dan kemasyarakatan, tata cara menggunakan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta memahami teknologi dan lingkungan.

Untuk melengkapi kecerdasan IPTEK para pelajar, diperlukan pula penyelarasan pengajaran IPTEK dengan pengajaran IMTAQ sehingga terbentuklah manusia-manusia cerdas dan bermoral yang dapat menghasilkan berbagai teknologi yang bermanfaat bagi umat manusia.

 

Rangkuman

Kemajuan IPTEK adalah sesuatu yang tidak bisa kita hindari dalam kehidupan ini, karena kemajuan ini akan berjalan sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan pola pikir manusia.  Kemajuan IPTEK sangat membantu manusia untuk menemukan solusi dalam berbagai permasalahan, namun tidak jarang IPTEK juga memiliki dampak negatif yang meliputinya.

Kemajuan iptek juga melanda Indonesia, namun hal ini masih sedikit tertinggal dibandingkan dengan negara-negara tetangga. Dengan ini Indonesia harus meningkatkan sumber daya manusianya untuk bisa memajukan IPTEK. Pada saat ini di Indonesia, IPTEK juga masih alam tahap pengembangan.

Kemajuan IPTEK yang terus menghantui harus disikapi dengan bijak oleh penggunanya. Pasalnya, iptek juga memiliki banyak negatif jika kita salah menggunakanya. Maka dari itu, solusinya kita harus mengetahui hal negative apa yang akan terjadi jika kita salah dalam menggunakanya. Terutama untuk anak-anak, penggunaannya harus dalam pengawasan orang tua.

 

Rujukan Bacaan

https://cahyaintanp.wordpress.com/2013/04/11/iptek-serta-perkembangannya/

http://www.kompasiana.com/nenene/perkembangan-iptek-di-indonesia_54f79810a33311417b8b47a6

http://pgsdsan.blogspot.co.id/2014/12/perkembangan-iptek-dan-pengaruh-bagi.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s