BIDANG PENGAIRAN JUGA BUTUH DITELITI

Sampingan

Penelitian

Istilah penelitian berasal dari bahasa Inggris yaitu research, re berarti kembali, sedangkan to search berarti mencari. Penelitian merupakan suatu kegiatan yang bersifat ilmiah yang dilaksanakan dengan menggunakan prosedur atau metode tertentu secara sistematis dengan menggunakan fakta yang diperoleh secara obyektif dalam rangka memecahkan masalah atau mendapatkan penemuan.

Kegitan penelitian timbul karena adanya sifat manusia yang selalu ingin tahu. Rasa ingin tahu tersebut membawa permasalahan. Untuk mendapatkan jawaban dari permasalahan tersebut dibutuhkan kegiatan penelitian.

Kegiatan penelitian memiliki beberapa tahapan :

  1. Mendapatkan dan merumuskan masalah
  2. Mengaji teori untuk merumuskan hipotesis atau menetapkan kriteria variable dalam pengembangan / perancangan / pendiskripsian
  3. Mengumpulkan fakta empirik
  4. Menganalisis temuan fakta atau produk dengan kriteria teoritik untuk pengambilan kesimpulan
  5. Menyimpulkan hasil dan mempublikasi hasil penelitian

 

Penelitian dibedakan menjadi beberapa jenis, yaitu berdasarkan disiplin ilmu yang dikaji, kegunaan dan tujuannya, dan metode yang digunakan. Berikut jenis penelitian:

  1. Berdasarkan disiplin ilmu yang dikaji:
    1. Natural science research, yakni kegiatan penelitian dalam bidang Ilmu Pengetahuan Alam.
    2. Social science research, yakni kegiatan penelitian dalam bidang Ilmu Pengetahuan Sosial.
    3. Humanities research, yakni kegiatan penelitian dalam bidang Ilmu Humaniora.
  2. Berdasarkan kegunaan dan tujuannya:
    1. Basic research atau pure research, yakni kegiatan penelitian yang dilaksanakan dalam rangka menemukan, menguji, dan mengembangkan suatu teori dalam rangka pengembangan dalam bidang keilmuan.
    2. Applied research, yakni kegiatan penelitian yang dilaksanakan untuk memenuhi tuntutan dalam kehidupan praktis. Applied research terdiri dari tiga jenis, yakni exploratif research, verivikatif research, dan development research.
  3. Berdasarkan metode yang digunakan:
    1. Deductive research atau sering disebut juga dengan istilah logic research, kegiatan penelitian yang menggunakan metode deduksi.
    2. Inductive research atau technical research, yakni kegiatan penelitian yang menggunakan metode induktif.

Untuk apa Penelitian?

Secara umum penelitian bertujuan untuk mencari, menemukan, mengembangkan, dan menguji kebenaran suatu pengetahuan. Penelitian juga sering dilaksanakan untuk mencari pemecahan terhadap permasalahan yang berkembang. Secara lebih rinci tujuan penelitian dapat dibedakan atas 3 macam, yaitu:

  1. Tujuan eksploratif, yakni suatu kegiatan penelitian yang dilaksanakan untuk menemukan dan mendapatkan pengetahuan baru yang belum pernah ada sebelumnya.
  2. Tujuan verivikatif, yakni suatu kegiatan penelitian yang bertujuan untuk menguji kebenaran yang dihasilkan oleh kegiatan penelitian yang dilaksanakan sebelumnya.
  3. Tujuan pengembangan (development), yakni suatu kegiatan penelitian yang bertujuan untuk mengembangkan, memperluas, dan menggali lebih dalam suatu konsep atau suatu teori yang sedang berkembang.

Banyak tujuan dari sebuah penelitian, namun tujuan utama dari kegiatan penelitian adalah untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan umat manusia.

Danau keruh apa sebabnya?

Penelitian bisa dilakukan dalam berbagai bidang, misalnya bidang Pendidikan, bidang Iptek, bidang Pengairan dll. Penelitian dilakukan sesuai dengan apa yang ingin  manusia ketahui. Dalam bidang pengairan masih banyak masalah-masalah yang perlu diselesaikan dengan penelitian.

Sebuah masalah tentang kekeruhan perairan danau yang disebabkan oleh meningkatnya sejumlah partikel  yang masuk ke dalam badan air danau. Partikel tersebut ada yang terlarut dan tidak terlarut dalam air, baik berupa bahan organic maupun anorganik. Bahan-bahan yang tidak terlarut yang melayang di dalam kolom air dikenal dengan TSS (Total Suspended Solid-Total Padatan Tersuspensi), bahan inilah yang menyebabkan air menjadi keruh, sehingga mengurangi tingkat kecerahan air. Bila bahan sedimen dasar mengandung sejumlah bahan organic maka bahan-bahan yang terangkat, baik berupa padatan maupun gas, mengandung senyawa toksik (beracun) seperti NH3 (amonia) dan H2S (asam belerang) sebagai hasil dekomposisi (penguraian) bahan-bahan organic di dalam air. Kondisi tersebut dapat menyebabkan biota perairan danau mati bila berlangsung dalam waktu yang lama.

Dalam penelitian ini hipotesis yang diperoleh, yaitu air inlet danau mengandung sejumlah bahan padatan tersuspensi dan terlarut. Bahan ini berupa sejumlah partikel tanah berasal dari hasil sedimentasi daerah tangkapan air yang merupakan lanjutan dari proses erosi. Kondisi kawasan daerah tangkapan air yang relatif terbuka (tanpa vegetasi) semakin mendorong peningkatan tanah yang tererosi.

Kemungkinan kedua, penyebab terjadinya peningkatan kekeruhan di perairan DLT tersebut diawali oleh pengurangan vegetasi penutup di daerah tangkapan air yang selanjutnya mendorong terjadinya peningkatan erosi tanah pada musim penghujan, sehingga sedimentasi semakin meningkat, dan pada akhirnya menyebabkan pengurangan kualitas air danau yang salah satunya berupa peningkatan kekeruhan. Maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan kekeruhan perairan DLT merupakan indikasi telah terjadi kerusakan daerah tangkapan air, berupa semakin berkurangnya luasan hutan yang merupakan pelindung tanah dari erosi yang di sebabkan oleh air hujan.

Rangkuman

Penelitian merupakan suatu kegiatan yang bersifat ilmiah yang dilaksanakan  dengan menggunakan prosedur atau metode tertentu secara sistematis dengan menggunakan fakta yang diperoleh secara obyektif dalam rangka memecahkan masalah atau mendapatkan penemuan. Penelitian dilakukan karena kebutuhan manusia yang ingin menyelesaikan suatu masalah dengan metode yang telah ditentukan.

Penelitian dilakukan untuk mencapai suatu tujuan. Tujuan suatu penelitian yaitu untuk mendapatkan pengetahuan baru, untuk menguji suatu kebenaran dan untuk melakukan suatu pengembangan. Dengan penelitian, akan diketahui mana yang benar dan salah dari suatu permasalahan.

Penelitian dapat dilakukan dalam berbagai bidang, termasuk dalam bidang pengairan. Permasalahan dalam pengairan yang dapat diteliti salah satunya yaitu keruhnya air danau. Dari situ diteliti apa penyebabnya, kemudian lakukan metode yang telah ditetapkan dan kemudian akan didapatkan kesimpulan bahwa masalah tersebut disebabkan karena rusaknya daerah tangkapan air di hulu.

Rujukan Bacaan

http://lintasgayo.co/2014/01/10/air-dlt-keruh-indikasi-kerusakan-daerah-tangkapan-air

http://ridwanaz.com/umum/bahasa/pengertian-penelitian-definisi-penelitian-adalah/

http://sosiologiada.blogspot.co.id/2015/12/pengertian-tujuan-dan-jenis-penelitian.html

 

Data diri penulis

Yashinta Dea Ilmania lahir di Malang, 03 September 1997. Anak kedua dari 2 bersaudara ini merupakan alumni SMA Negeri 2 Lumajang. Saat ini sedang menempuh pendidikan sarjana di Universitas Brawijaya Fakultas Teknik Jurusan Teknik Pengairan.

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s