BAHAGIA BERAWAL DARI SENYUM

Standar

Pribadi senyum

Tersenyum adalah suatu tindakan yang paling mudah, paling sederhana, paling murah dan paling menyenangkan di dunia. Sebenarnya, tidak ada seni dalam senyum, hanya saja senyum seperti ingin mengatakan bahwa kita dilahirkan untuk menjadi bahagia, dan kita dapat menunjukkan kebahagiaan ini dengan senyum indah.

Pribadi senyum adalah pribadi yang diinginkan setiap orang, pribadi senyum adalah pribadi yang bisa membawa pikiran positif bagi sekitarnya, bagi keluarga, saudara, teman, sahabat dan semua yang ada di sekitarnya.

Pribadi senyum memiliki arti menstimulasi diri untuk menjadi orang yang selalu berpikir positif, ramah, bersemangat dahsyat untuk membelajarkan diri, tidak telmi, dan mempunyai softskill yang tinggi. Mempunyai pribadi seperti ini akan sangat menyenangkan karena ketika bersikap baik maka orang lain akan menghormati kita. Tidak hanya itu, pribadi ini akan membawa kita ke lingkungan positif dan jauh dari pengaruh – pengaruh buruk di luar sana.

Pribadi senyum sudah bisa kita mulai sejak dini karena sejak kecil kita sudah diajarkan untuk menjadi pribadi yang baik oleh agama dan orang tua kita. Kita hanya tinggal mengembangkan pribadi itu untuk lebih meningkatkan kualitas diri kita. Seperti yang sering dikemukakan orang bahwa senyum adalah ibadah, maka tidak ada ruginya kita tersenyum pada orang yang tidak kenal sekalipun, karena kita akan mendapat pahala.

Sekarang ini senyum menjadi sebuah hal yang penting dalam kehidupan. Tidak sadarkah bahwa sekarang ini di sekolah atau tempat-tempat tertentu menerapkan sistem 3S (Senyum, Sapa, Salam). Dari situ senyum seperti menjadi tolak ukur kesopanan seseorang. Senyum didahulukan karena cara yang baik untuk menunjukkan kepada orang lain bahwa orang tersebut adalah orang yang bersahabat, positif, dan terbuka dalam pembicaraan. 3S harus diterapkan sedini mungkin untuk menciptakan karakter generasi penerus sebagai pribadi senyum.

Banyak manfaat yang akan kita peroleh dengan tersenyum. Kita akan merasa selalu bahagia karena ketika kita senyum otak akan melepaskan hormone endorphine yang membuat manusia merasa bahagia. Jika dengan marah-marah bisa membuat seseorang keriput, maka tersenyum juga bisa membuat sesorang terlihat awet muda. Jadi mau pilih mana, tersenyum atau marah-marah?

 

Senyum adalah solusinya

            Banyak dari manusia yang memiliki sifat lebih sedikit untuk tersenyum. Dengan semua kewajiban, stress, dan kegiatan yang mengisi hari-hari kita, kita lupa bagaimana tersenyum. Tersenyum setiap hari dilakukan untuk memperbaiki suasana hati, memunculkan kreativitas, dan memberi kita lebih banyak energi.

Masalah hal-hal buruk yang selama ini hadir, itu hanyalah pola pikir kita yang belum tepat, masih terlalu fokus terhadap hal-hal negatif. Padahal hal-hal positif yang terkandung di dalamnya sangatlah jelas, hanya saja kita tidak terbiasa untuk memprioritaskan hal-hal positif tersebut untuk hadir di dalam pikiran dan hati kita.

Masalah tentu akan datang pada kita selama kita masih hidup karena hidup adalah sebuah pilihan. Ketika kita salah memilih pilihan maka akan timbul kesulitan-kesulitan, namun jiwa yang selalu tersenyum akan melihat kesulitan itu  dengan tenang, untuk kemudian mengalahkan kesulitan itu. Kita melihat kesulitan itu sambil tersenyum, berikutnya menghadapinya dengan tersenyum pula, dan selanjutnya ia mengalahkannya dengan tersenyum pula. Sedangkan, jiwa yang cemberut, ketika melihat kesulitan ia akan membesar-besarkannya, kemudian semangatnya menjadi lemah dan berikutnya ia lari darinya, dan berlindung di suatu tempat tanpa berani menyelesaikannya.

Jika manusia lebih banyak cemberut karena masalahnya, coba lihat para tunanetra. Mereka yang mempunyai masalah karena tidak bisa melihat tetap tersenyum dengan segala keadaanya. Tetap bersyukur dengan apa yang dimilikinya. Senyum yang diperlihatkannya menandakan mereka bahagia dengan apa yang ada dalam hidupnya sekarang. Jadi tersenyumlah dengan apa yang terjadi dalam hidup kita. Senyum membuat kita rileks dan merasa lebih bahagia.

 

Sulit untuk senyum?

Untuk menjadi seseorang yang selalu tersenyum, kita harus melatih diri kita untuk menjadikannya kebiasaan. Untuk melakukannya dengan mudah mungkin butuh suatu tantangan agar kita mau mencobanya. Semuanya akan dimulai ketika kita mempunyai niat dan kemauan dari diri sendiri.

  • Tersenyum pada orang asing– Jika pernah mengalami saat-saat ketika berpapasan dengan orang asing atau sengaja menangkap tatapan seseorang, dan kita tiba-tiba akan terlihat canggung di kejauhan atau berpura-pura kita melihat sesuatu yang lain? Jika sering mengalaminya maka tantangannya adalah untuk memberi mereka senyuman lebar. Sebuah senyum tulus akan menunjukkan semuanya.
  • Tersenyum pada tunawisma atau pengemis– Pada dasarnya sebagian besar dari mereka adalah orang-orang baik. Mereka juga membutuhkan perhatian dan pengakuan. Jadi, beri mereka sesuatu lebih dari sekedar uang. Jadi berikutnya jika ada seseorang yang meminta sedekah pada anda, cobalah untuk tidak mengabaikan mereka. Senyumlah dengan hangat pada mereka.
  • Tersenyum lebar– Sadarkah bahwa seseorang hanya memberikan setengah dari senyum ketika seseorang mencoba untuk sekedar bersikap sopan? Seperti di lift misalkan, atau menabrak seseorang di depan pintu, atau menunggu dalam antrean. Mengapa tidak berlatih memberi mereka senyum yang tulus? Karena hal ini akan mengurangi kecanggungan dan berpotensi membuat hari seseorang menjadi indah, atau mendapatkan teman baru.
  • Sebuah pujian kecil dengan senyuman– Saat bertemu atau menghadapi orang, carilah hal-hal yang bisa dikagumi atau sukai tentang mereka, betapapun kecilnya, biarkan mereka tahu. Sebuah pujian tulus kecil dapat mengangkat semangat mereka dalam waktu yang lama.

 

Setelah tahu betapa pentingnya tersenyum, menjadi pribadi senyum seperti sebuah keinginan yang ingin dimiliki seseorang. Berikut tips untuk membawa lebih banyak senyum dalam hidup :

  • Jurnal senyum– Selama dua minggu, rekam momen-momen yang membuat senyum indah kita keluar. Jika kita merasa down, lihat kembali buku tersebut dan carilah hal-hal yang membuat kita tersenyum. Merasakan kembali pengalaman tersebut akan mengingatkan diri sendiri untuk kembali menjadi positif.
  • Apresiasi– Identifikasi hal-hal yang paling disyukuri, kemudian fokus pada hal-hal tersebut sebanyak mungkin.
  • Humor– Buat sebuah jadwal untuk menonton film komedi. Bergaul dengan orang-orang yang membuat anda tertawa.
  • Manjakan diri sendiri– Ketika kita merasa lebih terhubung dengan diri kita sendiri, kita merasa sukacita dan cenderung mengalami lebih banyak senyum.
  • Carilah keluguan– Amati anak kecil atau hewan peliharaan yang sedang bermain dengan bebasnya. Tontonlah kepolosan mereka, nikmati kehadiran mereka bersama kita. Apakah kita tersenyum? Apakah kita merasa bahagia untuk mereka? Itu karena kita terhubung dengan kepolosan yang sama dalam diri kita.

 

Rangkuman

Pribadi senyum adalah pribadi yang bisa membawa pikiran positif bagi sekitarnya. Pribadi senyum memiliki arti menstimulasi diri untuk menjadi orang yang selalu berpikir positif, ramah, bersemangat dahsyat untuk membelajarkan diri, tidak telmi, dan mempunyai softskill yang tinggi. Manfaat yang akan kita terima dengan menjadi pribadi senyum bisa membuat kita merasa lebih bahagia dan terlihat ramah.

Banyak permasalahan yang menjadikan manusia sulit untuk tersenyum. Masalah-masalah sepele yang terkadang mengganggu pikiran manusia membuatnya lupa bagaimana cara tersenyum.

Menjadikan seseorang memiliki pribadi senyum butuh niat dan kemauan yang timbul dari dirinya sendiri. Pribadi sangat berhubungan dengan psikologis jadi tidak bisa dipaksakan. Beberapa cara sederhana akan bisa membantu seseorang untuk memiliki lebih banyak senyum dalam hidupnya.

 

Rujukan Bacaan

https://www.scribd.com/doc/305929943/Pribadi-Senyum

http://www.akuinginsukses.com/seni-sebuah-senyum/

http://www.salingsapa.com/artikel/read/kajian/1249/jiwa-yang-selalu-tersenyum.html

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s